Postingan kali ini saya ingin menunjukkan cara mendapatkan catalog archive Image GeoEye-1 dan IKONOS. Untuk mendapatkan arsip citra QuickBird dari Digital Globe, sudah tersedia di dalam layer Google Earth (under More) atau melalui website di url http://archivetool2.digitalglobe.com.

image diambil dari SatelliteImageWallpaper.com

Sementara catalog archive GeoEye-1 dan IKONOS, termasuk salah satu produk dari GeoEye yaitu OrbView-3, bisa di dapatkan dengan 5 cara.

Kelima cara mendapatkan catalog archive image GeoEye-1 dan IKONOS ini terdapat di tools yang khusus disediakan oleh GeoEye untuk kemudahan user melakukan Search & Discovery sehingga user dapat dengan mudah dan cepat menemukan archive yang dibutuhkan sekaligus menampilkan preview image-nya. Tools yang dimaksud adalah GeoFUSE yang bisa diakses di url http://geofuse.geoeye.com/.

geofuse_logo_450x131

Cara mendapatkan catalog archive image GeoEye-1 dan IKONOS yang pertama adalah melalui tools Online Maps [ http://geofuse.geoeye.com/maps/Map.aspx ]. Cukup ketikkan nama kota atau wilayah yang user ingin ketahui ketersediaan catalog archive-nya di menu sebelah kiri lalu klik FIND. User diarahkan pada peta yang sesuai dengan pencarian, untuk kemudian user tinggal memilih spesific point atau define an area atau entire map window untuk memperoleh image yang tersedia dalam catalog archive. Contoh hasil pencarian seperti tampak pada gambar di bawah ini.

Online Maps (GeoEye - GeoFUSE N1 v2.1.0)_1257499375870

Cara kedua untuk mendapatkan catalog archive Image GeoEye-1 dan IKONOS adalah dengan mendownload file KML dari Google Earth Integration Tools yang disediakan GeoEye.  Link download file KML tersebut tersedia di URL berikut http://geofuse.geoeye.com/landing/google-earth/Default.aspx. Klik tulisan Access Search & Discovery Tools untuk mendapatkan file KML tersebut. Hasilnya bisa dilihat pada gambar dibawah ini. Klik pada icon bintang berwarna hijau untuk mendapatkan detail informasi tentang image tersebut.

geoeye_google_earth_integration_tools

Cara yang ketiga untuk untuk mendapatkan catalog archive Image GeoEye-1 dan IKONOS adalah dengan mendownload salah satu file berikut  :

  • ArcMap project file ( MXD )
  • ArcGIS Desktop Layer (LYR)
  • ArcGIS Explorer file (NMF)
  • Compressed ESRI® Shapefiles (SHP)
  • World Coverage Thematic Map Graphic and Report (PDF)

File-file tersebut tersedia  di Published Content pada Online Resources Center  yang terdapat di url berikut http://geofuse.geoeye.com/resources/published-content.aspx

Cara yang keempat  untuk mendapatkan catalog archive Image GeoEye-1 dan IKONOS adalah dengan memanfaatkan Advanced Search Options di url http://geofuse.geoeye.com/advanced/. User diberi dua opsi, yang pertama adalah meng-upload file dengan format shp atau KML atau GML. Kedua dengan Geometry Query dimana user menginput sendiri koordinat lokasi yang ingin diketahui ketersediaan catalog archive-nya.

Cara kelima untuk mendapatkan catalog archive Image GeoEye-1 dan IKONOS adalah dengan menggunakan GeoFUSE Toolbar for ArcMap. Anda bisa mendapatkannya dengan men-download installer-nya  terlebih dahulu melalui url http://geofuse.geoeye.com/toolbar/.

tb_toolbar