calculator thumbSetelah memahami data type attribute tabel di ArcMap, selanjutnya adalah memahami penggunaan fungsi operasi pada Field Calculator – tools yang digunakan untuk mengisi nilai pada field sesuai dengan data type-nya. Field Calculator bisa digunakan untuk sebuah field, sebagian maupun seluruh record dalam attribute tabel. Anda bisa melakukan copy field serta menggabungkan nilai dari beberapa field ke dalam satu field menggunakan Field Calculator.

Berbeda dengan Calculator tools pada ArcView 3.x, pada ArcMap Field Calculator bisa digunakan baik saat edit session maupun diluar dari edit session. Penggunaan Field Calculator pada saat edit session (didahului dengan melakukan start editing feature), Anda masih bisa melakukan pembatalan operasi. Sementara penggunaannya diluar edit session, pembatalan operasi tidak bisa dilakukan namun proses operasi menjadi lebih cepat dibanding pada saat edit session.

Berikut di bawah ini adalah beberapa operasi termasuk contoh penggunaannya yang bisa dilakukan pada Field Calculator (Klik gambar untuk memperbesar)

1. Operasi Matematika

mathematical operations

2. Operasi String (karakter) – Klik link berikut untuk Request string pada ArcView 3.x

string operations

3. Operasi Tanggal