Peta kontur seluruh Indonesia tersedia untuk di download secara gratis di GIS Blog Indonesia, dengan syarat tertentu. Peta kontur ini merupakan salah produk yang bisa di peroleh (di beli) di iniGIS.info (belum rilis), tapi saya akan berikan gratis untuk Anda jika dan hanya jika Anda mendaftar di layanan file sharing DropBox.com sebagai referral saya. Daftar di DropBox gratis, Anda akan mendapatkan free 2 GB online storage yang bisa Anda akses dari manapun, asal Anda terhubung dengan internet.

Dropbox merupakan layanan backup dan sinkronisasi data yang bisa dilakukan dengan mudah dengan cara mengcopy atau save suatu file pada sebuah directory DropBox di computer pengguna. Directory tersebut bisa di akses dari manapun, bahkan dari handphone (dengan OS Windows Mobile) tanpa Anda harus login ke website DropBox.com karena directory tersebut berada di antara directory / folder computer. Lihat gambar di bawah ini, directory DropBox milik saya di kantor di dalam directory My Documents.

Saya juga melakukan hal sama di rumah, directory DropBox saya tempatkan di My Documents pada netbook. Jika saya melakukan copy file ke dalam directory DropBox di kantor, maka secara otomatis, directory DropBox di rumah akan melakukan sinkronisasi sehingga apa yang ada di dalam directory DropBox di kantor sama dengan directory DropBox yang ada di rumah. Untuk bisa melakukan hal ini Anda harus download dan menginstall aplikasi gratis yang di sediakan DropBox.com. Aplikasi tersebut akan membuatkan directory My DropBox di computer Anda, cukup ikuti petunjuk yang ada dalam proses instalasinya.

Selain itu, Anda bisa bisa berbagi data, photo, file dsb kepada teman atau saudara dengan cara share folder atau menggunakan unique public link untuk file, yang bisa dengan mudah Anda buat hanya dengan melakukan klik kanan pada folder / file yang ingin di share, pilih Dropbox –> Share this folder / Copy public link.

Kembali ke peta kontur Indonesia, saya akan memberikan data sebesar 1.2 GB tersebut kepada 10 pendaftar pertama account Dropbox menggunakan referral link dari saya. Apa keuntungan saya? Saya akan mendapatkan extra 250 MB online storage per referral, atau sama dengan 2.5 GB untuk 10 pendaftar pertama tersebut. Dan Anda pun akan mendapatkan extra 250 MB online storage juga, asyik kan !. Semuanya GRATIS Lho….!!

Ingat, Anda tidak cukup hanya dengan mendaftar, Anda harus menginstall juga aplikasi Dropbox di computer Anda, sehingga status Anda Completed seperti contoh gambar di bawah ini. Hanya yang berstatus Completed yang berhak mendapatkan peta kontur Indonesia. Anda yang berhak mendapatkan peta kontur Indonesia akan di tampilkan pada halaman ini juga, dalam bentuk gambar seperti dibawah ini.

Terus mana Dropbox referral link saya?
Referral link saya akan Anda bisa lihat di bawah ini pada hari Kamis, 10 Juni 2010, pukul 10.00 WIB.

https://www.dropbox.com/referrals/NTMxOTQyNzk5

So, siapa cepat dia dapat!
Pastikan Anda mendaftar account Dropbox menggunakan referral saya tersebut. Jika Anda yang mendaftar menggunakan referral saya sebelum waktu tersebut, TIDAK akan mendapatkan peta kontur Indonesia.

UPDATE !

Kuota 10 orang yang berhak mendapatkan peta kontur Indonesia telah terpenuhi!! Share Folder akan dikirim ke email masing-masing! Berikut ke- 10 orang yang berhak tersebut (tanda centang). Untuk yang ditandai  silang Anda tidak berhak karena status Anda tidak completed

Bagi yang berstatus Completed tapi tidak termasuk 10 diatas, nantikan bonus special… apa itu? tunggu update berikutnya!!

UPDATE !!

Share folder peta kontur seluruh Indonesia telah diberikan kepada 10 alamat email diatas pagi ini (11/06/2010). Semoga data spasial tersebut bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya. Silahkan cek email masing-masing.

Kepada yang berpartisipasi dalam kontes kecil-kecilan di GIS Blog Indonesia ini dan telah berstatus Completed namun tidak lebih cepat dari yang 10 tercepat, saya berikan bonus peta kontur Jawa dan Sumatera. Tidak rugi kan?! Segera cek email Anda..!!

Terimakasih atas partisipasi Anda semua, nantikan kontes lainnya di GIS Blog Indonesia dan jangan lupa untuk ikut dalam kontes berikutnya tersebut.

Terimakasih juga telah menjadi pembaca setia GIS Blog Indonesia

Salam