Software Garmin MapSource biasanya datang bersamaan dengan paket pembelian GPS Garmin. Dengan MapSource, maka user bisa melakukan download dan upload peta, tracks, waypoint dan route dari GPS. Google Earth versi 5 sebenarnya juga bisa mendownload dari GPS, bahkan juga merekam secara real time, tapi tidak bisa sebaliknya melakukan upload ke GPS unit.

Jika software MapSource bisa di peroleh hanya dan hanya jika kita membeli GPS,  lalu apa yang bisa kita lakukan jika di kemudian hari CD installer hilang, misalnya, sementara kita membutuhkan MapSource di komputer lain? Kasus ini pernah terjadi pada saya juga. Untuk diketahui, di web Garmin hanya menyediakan update MapSource, dan tidak tersedia installernya.

Lalu saya mencoba mencari MapSource versi portable, dan saya bisa mendapatkannya di link ini. Tapi saya tetap tidak bisa menggunakan MapSource Portable yang dibuat menggunakan update versi 6.12.4 tersebut, dikarenakan di laptop saya sebelumnya belum pernah di install Software MapSource yang ditandai dengan peringatan window seperti gambar di bawah ini :

Kemudian saya mencoba trik berikut ini untuk mengakalinya.

1. Download update Software Garmin MapSource di link ini.

2. Simpan dalam folder tersendiri, misalnya c:/Garmin/MapSource_6153.exe

3. Ekstrak file exe tersebut menggunakan WinRar atau 7Zip, sehingga Anda mendapatkan file Main.msi dan Setup.exe serta beberapa folder lainnya.

4. Double klik file Main.msi tersebut.

5. Sekarang jalankan MapSource Portable, beres sudah…

Pada MapSource update versi 6.13.6  dan sebelumnya, Anda bahkan bisa melakukan install dari update tersebut. Ikuti cara diatas hingga langkah no. 4, kemudian jalankan file Setup.exe, maka di komputer Anda kini sudah terinstall Garmin Mapsource. Update versi 6.13.6 tersedia di link ini.

Download Gratis Garmin MapSource Portable