Sementara saya mupeng dengan IPhone 3G dari Telkomsel, yang sudah memiliki fasilitas geotagging tersebut, aplikasi geotagging via handphone yang menggunakan software Symbian juga tersedia. Salah satunya adalah Location Tagger yang bisa di download dari situs Nokia di link ini. Untuk review tentang Location Tagger bisa membaca postingan berikut ini.

Aplikasi geotangging lainnya yang menggunakan handphone sebagai media untuk merekam gambar adalah locr GPS Photo for Symbian. Dengan aplikasi dari locr ini, Anda bisa melakukan geotagging dan meng-upload photo ke server mereka. Untuk upload ini Anda harus memiliki account di locr.  Photo bisa di geotag secara manual atau melakukan pengambilan gambar menggunakan aplikasi locr ini, dimana informasi lokasi  akan di tambahkan secara otomatis.

locr GPS Phot0 for Symbian ini memiliki 5  fitur yaitu :

  1. Take new photo
  2. Select photo
  3. Visit locr Website
  4. Show photos nearby
  5. Visit my locr gallery

Fungsi GPS tergantung pada handphone Anda, apakah sudah terintegrasi dengan GPS atau menggunakan GPS Bluetooth. GPS koordinat akan disimpan sebagai bagian dari photo yang telah diambil.  Photo yang telah diambil  tersebut selanjutnya di upload ke website locr, sehingga Anda bisamelihat photo tersebut dalam sebuah tampilan peta yang tersedia di website tersebut.

Kalau melihat dari website locr, Handphone Nokia yang mendukung aplikasi ini adalah yang menggunakan software Symbian 60 3rd Edition (Version 3.0) diantaranya adalah Nokia: 3250 / 5500 / 5700 XpressMusic / 6110 Navigator / 6120 classic / 6290 / E50 / E61i / E65 / E70 / E90 Communicator / N71 / N73 / N75 / N76 / N77 / N80 / N80 Internet Edition / N91 / N92 / N93 / N95.

Download locr GPS Photo for Symbian