Awal bulan ini, GIS Cloud beta dirilis. GIS Cloud mengklaim bahwa layanan mereka adalah yang pertama di dunia. GIS Cloud merupakan layanan berbasis web dengan fitur GIS terlengkap berbasiskan Cloud Computing dengan kemampuan untuk melakukan creating, editing, uploading, sharing, publishing, processing and analyzing geospatial and attribute data.

Dengan GIS Cloud, Anda mendapatkan akses gratis untuk pembuatan peta secara online berikut dengan tool dan layanan untuk publishing peta pada OGC Web map services. Tersedia pula fitur analisis dan editing geodata, namun tidak tersedia secara gratis, dan pada versi beta ini masih belum tersedia. GIS Cloud beta saat ini mendukung file ESRI Shapefiles, Mapinfo MIF files, rasters (JPEG, GeoTIFF,TIFF,SID,SRTM HGT, WMS, Google Maps), USGS DEM, PostGIS, KML, GML.

GIS Cloud sangat mudah untuk digunakan menurut saya. Anda harus mendaftar gratis terlebih dahulu untuk bisa menggunakan layanan ini. Interface-nya mudah digunakan, dan mampu menampilkan peta dengan cukup cepat. Tersedia juga tutorial cara menggunakan layanan ini pada alamat berikut : http://www.giscloud.com/about/docs/#StojeGISCloud. Contoh web gis menggunakan GIS Cloud bisa dilihat pada http://www.karte.hr/