humanitarian mapping

MapAction sebuah lembaga nirlaba yang mengkhususkan diri dalam penggunaan teknologi geospatial untuk bencana kemanusiaan telah mempublikasikan tutorial pemetaan untuk kemanusiaan yang diberi judul Field Guide to Humanitarian Mapping. Tutorial ini bisa di download gratis, sehingga bisa membantu organisasi lain di seluruh dunia yang memiliki platform yang sama dengan MapAction sebagai guide untuk membuat Humanitarian Mapping menggunakan metode dan teknologi geospatial yang free / open source dalam situasi darurat.

Tutorial GIS setebal 118 halaman ini dibuat untuk kebutuhan praktis dan di jabarkan secara step by step menggunakan software GIS open source untuk penggunaan di lapangan maupun di tingkat decision maker. Edisi pertama ini terdapat pendahuluan tentang GIS, dan di di chapter sesudahnya memfokuskan pada dua GIS software open source yang sangat di rekomendasikan yaitu Google Earth dan MapWindow. Namun tutorial ini juga bisa relevan dengan software GIS lainnya. Sebelum fokus pada dua GIS software tersebut, di chapter 2 di jelaskan bagaimana menggunakan GPS untuk melakukan koleksi data pada wilayah bencana.

Field Guide to Humanitarian Mapping ini menggunakan pengantar Bahasa Inggris yang mudah di pahami karena disertai capture gambar penggunaan GIS Software. Tersedia dalam file PDF 118 halaman dalam ukuran kertas A5. Download link tersedia di bawah. Jika Anda kesulitan untuk mendownload bisa langsung meminta guide ini dengan mengirim email ke info@mapaction.org untuk mendapatkannya langsung ke email Anda.

Via GIS@Vassar

Download Field Guide to Humanitarian Mapping

Update : tersedia juga tutorial pembuatan peta untuk advokasi dan kemanusiaan di digital geography blog