Google Earth bisa jadi adalah aplikasi desktop pertama yang bisa menayangkan iklan Adsense. Iklan dari Google Adsense tersebut muncul setidaknya di dua tempat di dalam aplikasi Google Earth. Coba perhatikan pada gambar diatas.

Saya mencoba pencarian di Google Earth dengan kata “office in jakarta”. Menu pencarian tersebut menghasilkan beberapa placemark yang langsung membawa saya “menuju” ke Jakarta. Jika Anda perhatikan pada search results, paling atas adalah iklan dari Adsense yang ditandai dengan tulisan “Sponsored Links” (arah panah berwarna merah). Itu adalah lokasi pertama penempatan Google Adsense di Google Earth.

Lokasi kedua adalah pada placemark yang dihasilkan pada pencarian tersebut. Jika Anda klik icon placemark itu, selain akan menampilkan informasi / lokasi tentang placemark tersebut, juga menampilkan iklan Adsense di sebelahnya (arah panah berwarna biru).

Apakah Google melanggar aturan mereka sendiri? Untuk diketahui, Google melarang para software developer untuk mengintegrasikan Adsense pada aplikasi desktop yang mereka buat. Tapi sebenarnya ini bisa jadi tawaran yang bagus buat end user seperti kita. Menurut saya, tidak masalah aplikasi desktop menampilkan iklan pada sebagian ruangnya, asal aplikasi tersebut gratis dan resmi buat digunakan . Kebayang kan maksud saya? Saya bayangkan Anda bisa menggunakan ArcGIS yang ada sedikit iklan di dalamnya, tapi software tersebut bebas Anda pakai tanpa takut dengan license atau sejenisnya. Menurut Anda bagaimana?