Sepertinya Google Earth baru saja melakukan update menjadi versi 5.2.1.1547 menggantikan versi sebelumnya 5.2.1.1329. Mungkin Anda tidak akan bisa melakukan update langsung dari Google Earth dari menu Help –> Check for updates online. Namun jika Anda saat ini mendownload dari situsnya http://earth.google.com, Anda akan memperoleh versi terbaru tersebut.

Belum ada pengumuman resmi dari Google via Google Lat Long Blog tentang update Google Earth versi terbaru ini. Menurut thread dari milis KML Developer Support group, rilis terbaru ini menambal beberapa bug pada versi sebelumnya diantaranya pada tampilan 3D/polygon. Saya sendiri baru menyadari hal ini setelah melakukan install ulang komputer termasuk menginstall ulang Google Earth.

Sebelumnya, Google juga telah merilis Google Earth Enterprise 4.0 yang di juluki “The ultimate geo mashup platform“. Dengan Google Earth Enterprise Anda dapat memanfaatkan keampuhan Google Earth di dalam organisasi Anda. Gabungkan data perusahaan dengan data Google Earth yang dikirimkan melalui ASP. Atau, meng-hosting seluruh himpunan data Anda. Sekarang dengan dukungan untuk akses 2D berbasis browser menggunakan Google Maps API, data geospasial Anda yang berharga dapat dipadukan ke dalam aplikasi berbasis web atau dilihat oleh semua pengguna, tidak tergantung pada perangkat lunak klien mereka.

Google Earth Enterprise Solution terdiri dari tiga elemen:

  • Google Earth Fusion untuk menyimpan, mengatur gaya, dan menyusun data menjadi bola dunia yang dapat dilihat tanpa terputus atau peta 2D yang dapat ditelusuri
  • Google Earth Server untuk meng-hosting dan mengirim stream data ke pengguna akhir perangkat lunak
  • Google Earth Enterprise Client atau tampilan Peta 2D Berbasis Browser  untuk melihat, mencetak, mencari, dan menyusun data

Peningkatan pada Google Earth Enterprise 4.0 ini diantaranya client dapat mengakses via Mobile Access dengan platform Android. Selengkapnya tentang versi terbaru ini bisa dibaca di blog resmi Google Earth, Google LatLong Blog.