Para pengguna GPS standar, siap-siaplah untuk ketinggalan jaman… karena Google baru saja merilis Google Maps Navigation for Android 2.0, sebuah aplikasi  navigasi berbasis GPS yang bisa menyediakan fitur pencarian dengan suara, informasi lalu lintas, peta satelit resolusi tinggi, Google Street View, hingga foto objek tujuan. Tidak seperti aplikasi berbasis GPS lainnya, Google Maps Navigation ini tersedia  gratis untuk smartphone yang menggunakan platform Android.

Dengan Google Maps Navigation pengguna juga bisa mengetahui rute perjalanan ke sejumlah lokasi penting seperti SPBU atau restoran. Dengan Maps cache, jika koneksi terputus karena blank spot misalnya, maka Anda tetap bisa dapatkan yang saat itu Anda lihat, bahkan fitur text-to-speech masih tetap bisa bekerja. Aplikasi ini akan tersedia pertama kali di Motorola Droid yang akan dirilis Verizon di AS, 6 November 2009.

Namun Gizmodo menuliskan kegelisahan terhadap aplikasi Google Maps Navigation yang gratis ini. Menurut blog tentang gadget tersebut, dengan bebas biaya-nya aplikasi ini, termasuk di App Store maka ribuan dollar hasil penjualan dari aplikasi GPS yang ada disana akan lenyap dalam sesaat. Walaupun itu bukan masalah buat saya dan juga Anda, tapi akan menjadi berbahaya jika Google tidak punya kompetitor dengan yang satu ini,  no competition is a bad thing.  Anda bisa bandingkan dengan aplikasi dari Tom Tom yang meminta pelanggannya $100 per tahun untuk peta yang terinstall di GPSnya. Atau bandingakan dengan saya yang harus membayar Rp. 750.000 ke Garmin hanya untuk mendapatkan peta GPS jalan Jawa-Bali.  Suatu saat, Google pasti akan menempatkan iklannya di aplikasi ini, sebagai gantinya karena pengguna memanfaatkannya dengan bebas biaya.  Untuk para pengguna aplikasi ini, mereka harus terima tanpa syarat saat ketentuan tersebut berlaku, karena Google adalah “segalanya” di internet bahkan saat Anda offline sekalipun!

Tapi bukan berarti saya dan Anda tidak butuh aplikasi dari Google ini lho…