Maptor adalah sebuah mini projector yang di dalamnya terdapat GPS receiver yang jika di sorotkan ke dinding akan menampilkan peta untuk menunjukkan lokasi si pengguna diatas peta tersebut.
maptor3

Maptor ini menurut saya adalah konsep yang sangat brillian. Dengan alat seukuran lipstik ini di tangan, suatu hari nanti tersesat bisa jadi bahan tertawaan, karena dengan gadget ini peta digital bisa disimpan dan ditampilkan semudah menyalakan lampu senter.

Saat di sorotkan ke dinding atau tanah, projector ini akan menampilkan sebuah peta yang sudah di upload sebelumnya, dimana lokasi si pengguna akan ditunjukkan dengan sebuah dot warna merah berikut dengan arah panahnya. Lihat gambar diatas. Maptor ini akan sangat disenangi turis yang ingin menjelajahi suatu wilayah tanpa repot membawa peta versi cetak.

Mini projector yang ditanami GPS receiver ini masih dalam konsep, dan belum dipasarkan. Ada beberapa pertanyaan di kepala saya, misalnya bagaimana format peta yang di upload, apakah peta hasil download dari Google Maps bisa kita upload begitu saja? Bagaimana dengan sistem proyeksinya? Mungkin sebaiknya kita tunggu saja gadget ini tersedia di pasaran dan bisa diperoleh disini. Lebih jauh tentang Maptor, video dan detail gambarnya bisa dilihat melalui link dibawah ini.

Maptor : Portable Map Projector Equipped with GPS