Saya pernah membagi indeks peta geologi sebelumnya yang bisa Anda lihat di link ini. Disitu saya menunjukkan indeks peta geologi seluruh Indonesia yang terdapat di situs www.esdm.go.id saya tempelkan ke dalam Google Earth menggunakan fasilitas Image Overlay Tool. Disitu saya menyebutkan bahwa saya akan membuat versi interaktifnya, dimana user hanya dengan melakukan klik pada indeks yang dimaksud kemudian sebuah image akan muncul menunjukkan tampilan peta geologi yang sesuai dengan indeks tersebut. Versi interaktif indeks peta geologi dengan galeri image tersebut, kini sudah tersedia untuk di download. Gambarannya seperti tampak pada tampilan diatas.

Anda bisa mendownload gratis file KMZ yang saya buat tersebut melalui link download di akhir postingan ini. Double klik saja file KMZ tersebut untuk membukanya di Google Earth. Anda akan mendapati tampilan indeks peta geologi dengan warna garis merah dan kuning. Garis kuning menunjukkan image peta geologi area tersebut tersedia, sedangan garis  merah berarti tidak tersedia.

Jika peta geologi-nya tersedia maka sebuah image akan muncul begitu Anda melakukan klik pada area garis kuning tersebut, persis seperti tampilan diatas. Anda juga bisa mendownload image tersebut melalui galeri publik akun picasaweb saya dengan melakukan klik pada tulisan from Geologi yang terdapat di kanan bawah image yang tampil tersebut. Image yang tersedia untuk di download tersebut, tersedia dengan resolusinya rendah. Jika Anda ingin mendapatkan yang resolusi tinggi (tentu saja dengan file size yang  tinggi juga) silahkan hubungi saya melalui email.

UPDATE : Tersedia juga indeks peta geologi Indonesia dalam format shapefile. Download link tersedia di bawah ini.

Download Indeks Peta Geologi dalam format shp dan kmz