Konversi dari shapefile to dxf kadang dibutuhkan oleh seorang GIS User untuk kebutuhan distibusi data kepada klien atau rekannya yang tidak memiliki software GIS. Konversi shp to dxf sebenarnya tersedia dan sangat mudah dilakukan di ArcGIS melalui ArcCatalog, seperti halnya konversi shp to KML. Atau bisa juga dilakukan melalui AutoCAD Map atau Land Desktop dengan melakukan import file shp. Posting kali ini akan menunjukkan konversi shapefile atau ArcInfo coverage menjadi dxf file menggunakan sebuah freeware.

Freeware yang dimaksud adalah DXF Author yang tersedia secara gratis di the state of Massachusetts. Anda harus melakukan pendaftaran untuk mendownloadnya. File tersedia dalam self-extracting zip file. Lakukan instalasi ke dalam drive dimana data Anda tersimpan.

Load/add data shapefile, sehingga layer tersebut muncul di tampilan kanvas pada window yang tersedia.

Pilih Convert to DXF dari file menu, selanjutnya akan muncul opsi tentang output data, dan attribute mana yang akan Anda sertakan untuk di konversi. Screen pertama adalah opsi, apakah Anda menginginkan export shape geometry atau hanya vertek saja, dan juga opsi untuk menentukan warna dan type garisnya.

Kemudian klik next, disini Anda bisa menentukan attribute shp yang akan menjadi label pada DXF file:

Klik next, disini lanjutan dari screen sebelumnya, anda bisa meletakkan blocks di tengah feature yang memiliki link dengan kolom database dalam attribute-nya:

Berikut adalah hasilnya :

Silahkan mencoba