File PDF saat ini telah mampu ‘membunuh’ keberadaan file lainnya. Segala macam jenis file saat ini bisa di konversi menjadi file PDF tanpa mengurangi informasi yang ingin disampaikan kepada user. Setelah 2D/3D design to PDF, Video to PDF, kini pada Acrobat 9 Pro Extended Anda bisa melakukan konversi Map to PDF, dimana geospatial file berikut metadata dan coordinate-nya dengan mudah diketahui (searchable), di ukur panjang dan luasnya, serta dapat melakukan plotting lokasi dengan koordinat tertentu pada File PDF tersebut.

Lihat gambar dibawah, sebuah contoh dimana user melakukan penghitungan jarak dari satu titik ke titik lainnya. Terlihat di kanan bawah dari gambar tersebut, informasi koordinat titik dimana kursor tersebut berada (lat/long), panjang garis yang dibuat, serta azimuth garis tersebut.

map to pdf
Bahkan ada rumor, bahwa ArcGIS Desktop akan mampu membaca file PDF berkoordinat ini. Fantom Planet bahkan menuliskan judul dalam blognya tentang kelahiran Acrobat 9 Pro Extended sebagai berikut “ESRI + New PDF = Where maps go to die?