Ada beberapa tools untuk memperbaiki shapefile yang rusak. Saya dan mungkin juga anda, pasti pernah menggunakan Shape Checker. Namun dari pengalaman saya menggunakannya, data dbf dari shapefile tersebut tidak ikut diperbaiki. Kalaupun ada hanya sebagian kecil saja. Tools yang serupa bisa anda dapatkan disini yang disebut Shapefile Repair Tool.

Tool yang masih dalam versi Beta ini, disebutkan memiliki kemampuan untuk membaca dan melakukan validasi pada file shp dan dbf (index diabaikan) yang rusak, mempertahankan Null Shapes. Mampu memperbaiki kesalahan penomoran dan pengurutan record shp, memperbaiki kesalahan tipe shapefile misalnya shp tipe point dalam tipe polygon serta mencatat perubahan perbaikan dalam sebuah log file.

Shape-repair-tool

Tools ini membutuhkan Microsoft DotNet 1.1 untuk instalasi, jadi tidak bisa diinstal di Vista.Hanya support untuk XP saja. Saya kebetulan tidak memiliki shapefile yang rusak atau file dbf-nya yang terserang virus untuk diperbaiki. Mungkin Anda punya? Silahkan dicoba dan bagi pengalaman Anda dengan mengisi komentar dibawah..