Blog Participatory Geographical Information System (PGIS) atau dalam bahasa Indonesianya Sistem Informasi Geografis Partisipatif (SIGaP) mengeluarkan ebook Panduan Penggunaan GPS Tipe eTrex HCx serta MapSource Untuk Pemetaan Risiko Secara Partisipatif. Tutorial GPS tersebut dibuat oleh Ujang Dede Lesmana, si empunya blog tersebut.

Sesuai dengan judul tutorial tersebut, ebook setebal 66 halaman tersebut mengajarkan cara penggunaan GPS Garmin tipe eTrex HCx secara mendasar mulai darimengenal bagian-bagian GPS yang akan digunakan, bagaimana mengaktifkan dan menonaktifkan GPS, merawat dan menyimpan GPS, dan mengkalibrasi GPS.

Selain itu, juga ditunjukkan cara menggunakan fasilitas Track yang terdapat dalam GPS, fungsi Marking, serta fasilitas Find yang digunakan untuk menemukan waypoint yang telah dibuat sebelumnya. Termasuk juga ditunjukkan cara melakukan Setup waktu, map datum, distance dan lainnya. Pada bab terakhir adalah cara penggunaan MapSource untuk pengolahan data yang diperoleh dari GPS.  MapSource Portable tersedia di blog GIS Download pada link ini.

Ebook tersebut cukup mudah dipahami oleh pemula yang baru belajar menggunakan GPS. Anda bisa download ebook tersebut melalui via link yang tersedia di akhir posting ini atau melalui blog http://pgis-sigap.blogspot.com/. Saya sendiri pernah juga memposting Panduan Cepat Cara Menggunakan GPS Garmin Seri eTrex yang juga tersedia untuk di download secara gratis.

Download Panduan Penggunaan GPS Tipe eTrex HCx