Kelebihan ArcGIS – ArcMap dibanding ArcView 3.x adalah tersedianya tools rotasi. Bukan hanya graphic yang bisa di rotasi, feature bahkan data frame pun bisa! Rotate Tool untuk feature dan graphic tidak disediakan menu untuk melakukan rotasi dengan sudut tertentu (dalam satuan derajat), sementara rotasi pada data frame, fungsi tersebut disediakan.

Rotate Tool untuk graphic tersedia pada Toolbar Draw. Untuk menampilkannya lihat gambar di bawah kiri berikut. Button Rotate Tool untuk graphic seperti ditunjukkan pada gambar di bawah kanan. Semua graphic yang dihasilkan dari Toolbar Draw bisa di rotasi menggunakan tool ini.

View Toolbar Drawing Tool

Untuk feature (layer), Rotate Tool tersedia pada Toolbar Editor. Aktifkan toolbar tersebut dengan cara yang sama seperti diatas, namun kali ini pilih Editor. Button Rotate Tool memiliki icon yang sama dengan Rotate Tool untuk graphic (lihat gambar dibawah). Untuk mengaktifkannya, Anda harus melakukan Start Editing dari menu dropdown Editor dan select satu atau lebih shape yang akan di rotasi menggunakan Button Edit Tool (icon mata panah berwarna hitam). Hanya shape yang terseleksi saja yang akan di rotasi.

Editor Toolbar

Sementara Data Frame Rotate Tool tersedia saat Anda mengaktifkan Data Frame Tools dengan cara yang sama dengan dua Rotate Tool sebelumnya. Icon Rotate Tool kali ini berwarna biru. Sebelahnya adalah icon Clear Rotation untuk membatalkan rotasi. Seperti saya sebutkan di awal, pada Rotate Tool Data Frame ini disediakan sebuah dropdown menu pilihan untuk melakukan rotasi sesuai dengan sudut yang diinginkan atau Anda bisa mengetikkannya pada form tersebut jika sudut yang diinginkan tidak tersedia pilihannya. Lihat gambar dibawah berikut:

Data Frame Tool

Dan berikut hasil layout setelah data frame di rotasi. Perhatikan grid dan arah utara peta yang telah menyesuaikan dengan sudut rotasi yang dipilih sebelumnya.

ArcGIS Layout

Tutorial ArcGIS singkat ini sekaligus menjawab pertanyaan seorang teman…