satellite phone 1Kantor tempat saya bekerja saat ini, seringkali mengirim engineer ke site yang tidak terjangkau sinyal berbagai operator telepon GSM apalagi CDMA. Padahal pekerjaan yang dilakukan membutuhkan koordinasi yang rutin. Disini dibutuhkan alat komunikasi yang mampu menjangkau daerah terpencil sekalipun. Dan satellite phone adalah jawabannya. Namun satellite phone yang saya posting kali ini sangat menarik perhatian saya, karena bukan sekedar satellite phone, tapi juga smartphone, memiliki jaringan GSM tri band,  memiliki kamera digital 1.3 megapixel dan memiliki kemampuan sebagai GPS Navigasi! Semuanya terdapat dalam sebuah satellite phone dengan dimensi kecil, 138.5 x 53x 18.8 mm (h x w x d)  seperti kebanyakan HP yang beredar sekarang ini (lihat gambar)

satellite phone 2

Tidak cukup sampai disitu saja kemampuannya, satellite phone ini juga memiliki internet acces dengan micro browser didalamnya. Speed untuk  download/upload hingga 60/15 kbps menggunakan jaringan satellite. Satellite phone yang saya maksud adalah SG-2520 THURAYA. Perusahaan Thuraya Satellite Telecomunications berpusat di Abu Dhabi. Keterangan lebih lengkap tentang Thuraya bisa dilihat di web www.thuraya.com.

satellite phone 3
Sayangnya coverage satellite-nya belum menjangkau wilayah Tanah Air tercinta ini. Padahal dengan fitur lengkap tersebut, pasti sangat dibutuhkan oleh mereka yang bekerja secara remote di area blank spot sinyal GSM. Apalagi kemampuan GPS Navigasi yang sudah included seperti halnya iPhone 3G, membuat Thuraya menjadi gadget dambaan untuk pekerja on site dengan sinyal telepon zero bar!