webgis

Saya menyediakan link download untuk tutorial WebGIS dalam Bahasa Indonesia. Tutorial tersebut dibuat oleh pengelola www.hatma.info.  Tutorial WebGIS 34 halaman dalam format PDF ini terdiri atas 8 bab. Berikut adalah petikan halaman pendahuluan dari tutorial tersebut.

MS4W (MapServer For Windows) adalah bundle instalasi MapServer untuk platform Windows. Dimana MapServer (http://mapserver.gis.umn.edu) merupakan aplikasi freeware dan Open Source untuk dapat menampilkan Sistem Informasi Geografis di web.
MS4W dilengkapi dengan berbagai modul tambahan (optional) yang mempermudah kita membangun dan mengadministrasi sistem WebGIS. Antara lain : MapLab, KaMap, Chameleon, dan lain-lain. MapLab digunakan untuk mempermudah kita membuat file konfigurasi MapServer ( *.map ) pada aplikasi WebGIS yang kita kembangkan. Sedang Chameleon adalah framework yang menyediakan berbagai class dan method yang mempermudah kita membangun interface aplikasi WebGIS yang kita kembangkan, seperti menambahkan fitur zoom, pan, dsb. Informasi mengenai MS4W, MapLab dan Chameleon dapat diperoleh di situs www.maptools.org

Saat ini, selain dapat mengakses MapServer sebagai program CGI, kita dapat mengakses MapServer sebagai modul MapScript, melalui berbagai bahasa pemrograman, seperti PHP, Perl, Python, Java dan lain sebagainya. Akses fungsi-fungsi MapServer melalui skrip akan lebih memudahkan pengembangan aplikasi WebGIS.

PostgreSQL adalah database Open Source yang cukup populer, karena ketangguhan dan kemampuannya dalam mengelola data. PostgreSQL mempunyai ekstensi PostGIS, yang menawarkan kemampuan untuk mengelola data spatial untuk aplikasi Sistem Informasi Geografis. Informasi mengenai PostgreSQL dapat diperoleh pada situs www.postgresql.org . Sedang informasi untuk PostGIS dapat diperoleh dari situs http://postgis.refraction.net.

Ke delapan bab dari tutorial WebGIS ini adalah sebagai berikut :

I . LATAR BELAKANG
II. PENDAHULUAN
III. INSTALASI MS4W, MAPLAB DAN CHAMELEON
IV. MEMBUAT APLIKASI DEMO WEBGIS MAPSERVER
V. INSTALASI POSTGRESQL DAN SEKILAS TENTANG POSTGIS
VI. KONVERSI DATA SHP KE DALAM POSTGIS UNTUK DIGUNAKAN DALAM APLIKASI SAMPLE/DEMO WEBGIS
VII. MEMBUAT APLIKASI DEMO WEBGIS MAPSERVER – POSTGIS
VIII. KESIMPULAN

Sang pembuat tutorial ini, ternyata sedang menjual blognya www.hatma.info. Mungkin ada yang berminat? buat modal untuk menikah katanya he he… btw saya juga pernah memposting tulisan Mengenal MapServer sebelumnya, namun tidak meyediakan tutorial tentang MapServer itu sendiri. Mungkin tutorial webgis ini sebagai gantinya. Silahkan dipelajari, dan jangan lupa dipraktekkan, jangan cuma di koleksi saja yo… (sebenarnya itu adalah salah satu penyakit saya yang susah sembuhnya he he…)

Download Tutorial WebGIS dalam Bahasa Indonesia